AMALAN MALAM JUM’AT

Mengutip buku Ensiklopedia Ibadah Jumat oleh Wawan Shofwan Sholehudin disebutkan beberapa amalan yang bisa dikerjakan saat malam Jumat.

1. Membaca Surat Yasin

Membaca surat Yasin bisa menjadi amalan yang dilakukan di malam Jumat. Surat Yasin memiliki banyak keistimewaan bagi umat muslim yang membacanya.

Keutamaan membaca Surat Yasin disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Bagi pembaca Surat Yasin pada malam Jumat, niscaya Allah SWT akan mengabulkan hajatnya.

Dalam riwayat lain, Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. disebutkan bahwa “Barangsiapa membaca Yaasiin di malam jum’at, maka paginya diampuni dosanya”.

Surat Yasin bisa dibaca usai menjalani sholat fardhu seperti Maghrib dan Isya. Atau bisa juga dibaca jelang tidur.

2. Membaca surat Al Kahfi

Selain membaca surat Yasin, amalan malam Jumat selanjutnya adalah membaca surat Al-Kahfi. Surat ini dapat juga dibaca pada hari Jumat.

Ada banyak keutamaan membaca surat Al-Kahfi, salah satunya adalah dapat memberi cahaya di antara dua Jumat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” sebagaimana bunyi HR. ad-Darimi 3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471

3. Sholat tahajud

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan malam hari. Sholat ini bisa ditegakkan saat malam Jumat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 79 tentang anjuran sholat tahajud.

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Arab-Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

4. Membaca sholawat

Membaca sholawat adalah amalan yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Amalan ini juga dianjurkan untuk dikerjakan saat malam Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

5. Memperbanyak dzikir

Berdzikir bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat malam Jumat, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dengan kalimat-kalimat tahlil, tasbih, takbir, tahmid, dan hauqolah.

Utsman ibnu Affan ketika ditanya mengenai makna al-baqiyah ash shalihat ini, ia menjawab bahwa hal itu adalah ucapan:

Laa ilaaha illallah, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar dan La haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Mahasuci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan Allah Mahabesar, dan tidak ada upaya (untuk menghindari kedurhakaan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali hanya dengan (pertolongan) Allah, Yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Demikian beberapa amalan sunnah malam Jumat yang bisa dikerjakan oleh umat muslim. Semuanya hendaknya dimulai dengan niat yang lurus semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *