**Gawat !!!!, Lakpesdam NU Tulang Bawang Barat Rencanakan Gelar Seminar Terorisme dalam Kerjasama dengan Desa**

 

Tulang Bawang Barat, 12 Juni 2023 – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Tulang Bawang Barat memiliki rencana untuk menggelar seminar bertema terorisme kerjasama dengan Desa se-kabupaten Tulang Bawang Barat. 

Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya terorisme serta peran mereka dalam mencegahnya.

Seminar tersebut direncanakan akan diadakan pada tanggal 25 Juni 2023 di aula sesaat agung bumigayo kompleks islamic center Tulang Bawang Barat. Acara ini akan melibatkan pembicara-pembicara yang ahli dalam bidang keamanan, agama, dan masyarakat. 

Para ahli ini akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka terkait dengan tindakan pencegahan terorisme, upaya melawan radikalisasi, serta pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan kedamaian.

Dalam kerjasama dengan tiyuh, Lakpesdam NU Tulang Bawang Barat bertujuan untuk memperkuat sinergi antara lembaga keagamaan dan pemerintahan setempat dalam memerangi terorisme. Dalam acara seminar ini, diharapkan akan terbentuk komitmen bersama antara masyarakat, tokoh agama, dan pemerintah tiyuh untuk bersama-sama menjaga keamanan dan melawan ideologi yang merusak nilai-nilai kebhinekaan.

Surya hartawan, Ketua Lakpesdam NU Tulang Bawang Barat, menjelaskan bahwa seminar ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ancaman terorisme serta cara-cara pencegahannya. 

” Melalui pemahaman yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat menjadi mata dan telinga yang peka dalam mendeteksi dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan kepada pihak berwenang,” kata petugas pendamping desa kementrian PDTT ini, Senin, 12 Juni, 2023.

Mantan aktivis PMII kota Bandar Lampung ini, berharap pihak tiyuh menyambut baik kerjasama ini dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan seminar yang akan diadakan. 

” Mereka mengakui pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekitar. Bahkan, pihak desa juga berencana untuk melibatkan aparat keamanan dan tokoh masyarakat setempat untuk memberikan pandangan dan pengetahuan mereka tentang situasi keamanan di wilayah masing-masing,” ujarnya optimis.

Terpisah, wakil ketua PCNU kabupaten Tulang Bawang Barat, Saiful Mudhofi, berpendapat, Seminar terorisme yang digelar oleh Lakpesdam NU Tulang Bawang Barat kerjasama dengan Desa diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahaya terorisme dan upaya pencegahannya. 

” Kita berharap, acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan memelihara kedamaian di wilayah mereka. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membangun kerjasama yang lebih erat antara lembaga keagamaan dan pemerintah dalam menjaga keamanan negara dan masyarakat,” kata ketua ikatan alumni pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (Ika PMII) Tulang Bawang Barat tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *