Perayaan Tahun Baru Islam di Kecamatan Tulang Bawang Tengah

Umat Islam merayakan tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah pada Rabu, 19 Juli 2023. Tahun baru Hijriyah menjadi salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Selain menyongsong tahun baru, momen tersebut mengingatkan pada peristiwa hijrahnya umat muslim zaman Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada 622 M. Peristiwa hijrah tersebut akhirnya dijadikan sebagai tahun pertama Hijriyah dengan Muharram adalah bulan pertamanya.

Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menjelaskan, alasan Muharram sebagai awal bulan Hijriyah karena pada bulan tersebut umat Islam memulai tekad untuk melaksanakan hijrah ke Madinah.

Kemeriahan tahun baru Islam sejatinya tidak boleh kalah dengan tahun baru Masehi. Umat Islam bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan tahun baru Islam.

Di wilayah kecamatan Tulang Bawang Tengah ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru islam 1445 H, diantaranya Ranting Tirta Kencana menggelar doa bersama, Ranting Pulung kencana menyelenggarakan khotmil qur’an, dan masih banyak lagi beberapa ranting yang menyelenggarakan hal serupa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *