Ratusan Jamaah Muslimat dan Fatayat Kecamatan Gunung Agung Ziarah ke Makam auliya’ Palembang

Sebanyak 250 orang jamaah yang terbagi dalam lima bus pariwisata berangkat menuju bumi Sriwijaya Palembang. Dengan maksud untuk berziarah kemakam para auliya’ yang ada di tanah Palembang. Dengan dibagi menjadi dua rombongan para jamaah bertolak dari Tulang Bawang Barat menuju Palembang pada hari sabtu 11 november 2023 pukul 11.30 malam.
Rombongan muslimat terdiri dari tiga bus yang di imami atau di pimpin oleh KH. Sahli Gufron dan Kyai Widiyanto, sedangkan dua bus rombongan fatayat di imami oleh Kyai Abdul Malik Sutrisno dan ustadz Didi Ahmadi.

MWCNU bersama PAC Muslimat dan PAC Fatayat Gunung Agung selalu membudayakan kegiatan ziarah kubur kemakam para auliya’. Kegiatan tersebut telah dimasukan dalam agenda kegiatan rutin setiap tahunnya. Berziarah ke makam para wali atau auliya’ baik seputaran Lampung maupun Palembang bahkan Wali Songo yang ada di Jawa. Tujuan dari ziarah tersebut adalah tabarrukan(mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan), ta’dhiman (mengagungkan), dan khidmatan (berkhidmat).

Beberapa lokasi ziarah atau wisata religi yang di tuju pada kesempatan kali ini yaitu :

1. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang atau Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo merupakan masjid tertua di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).
Banyak wisatawan dari luar kota hingga luar negeri seperti Malaysia meluangkan waktu singgah ke Masjid Agung untuk melihat sejarahnya jika berkunjung ke Palembang.

2. Makam Sabo Kingking
Kompleks Makam Sabo Kingking lokasinya ada di Kelurahan Sei Buah, Kecamatan Ilir Timur II.

3. Makam Kawah Tengkurep
Kompleks makam lainnya yang kerap dijadikan wisata religi adalah Makam Kawah Tengkurep. Nama Kawah Tengkurep sendiri berasal dari bentuk atap cungkup pada bangunan yang menyerupai kawah yang ditengkurapkan dalam bahasa Palembang.

4. Kambang Goci
Tak jauh dari makam kawah tengkurep tepatnya di areal parkir Pelabuhan Peti Kemas, Pelindo II di Boom Baru, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang. Pemakaman ini dikenal sebagai tempat pemakaman Habaib zuriyatnya Rasulullah SAW.

5. Ratu Bagus Kuning
Ratu Bagus Kuning juga tokoh pada zaman Kesultanan Palembang.
Makamnya   terletak   dalam   bangunan   berkubah berwarna kuning bersama tiga makam tokoh lain, yaitu Penghulu Gede gelar Tubagus Karang, Datuk Buyung, dan Kuncung Manis.
Apabila sampai di areal kompleks pemakaman tersebut peziarah akan disambut oleh kera-kera yang jumlahnya sangat banyak.

6. Museum Al Quran Raksasa Palembang
Al Quran raksasa yang berada di kawasan Gandus ini diukir yakni dalam lembar kayu besar. Al Quran ini ditulis di atas 40 meter kubik kayu trembesi dan pembuatannya menghabiskan dana miliaran rupiah
Al Quran Al Akbar ini menjadi salah satu Al Quran terbesar berbentuk mushaf. Karena keunikannya, banyak wisatawan dari luar dan dalam negeri yang sering berkunjung. (rep. mwcnu gunung agung ).

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *